Iklan Atas MR-CHEMIX

Cara Memperbaiki Laptop yang Kemasukan Air
4/ 5 stars - "Cara Memperbaiki Laptop yang Kemasukan Air" Cara Memperbaiki Laptop Kemasukan Air Laptop merupakan alat elektronik yang mana komponennya tidak kedap terhadap air. Pada laptop jeni...

Cara Memperbaiki Laptop yang Kemasukan Air


Cara Memperbaiki Laptop Kemasukan Air
Laptop merupakan alat elektronik yang mana komponennya tidak kedap terhadap air. Pada laptop jenis ini, sering ditemukan kasus dari laptop penggunanya yang terkena tumpahan air hingga terkena air hujan. Bagi anda yang memiliki masalah seperti kasus tersebut, ada beberapa hal yang harus segera anda lakukan serta perhatikan, agar laptop tidak sampai rusak. Sebab, air yang mengenai laptop anda bisa jadi sedikit demi sedikit akan mulai masuk melalui celah-celah keyboard dan sampai pada bagian Chip, dan mulai terjadi kerusakan pada laptop. Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki laptop yang disebabkan karena kemasukan air.
  1. Sesaat setelah air tumpah di atas laptop yang sedang diaktifkan atau menyala, kemungkinan besar air akan segera berinteraksi pada kabel-kabel serta komponen yang ada di dalam laptop, sehingga konsleting akan cepat terjadi. Sebelum hal tersebut terjadi, anda harus sesegera mungkin mematikan laptop dan melepas baterai serta balikkan laptop, hingga air yang telah masuk tersebut keluar.  
  2. Jika laptop masih dalam keadaan basah, jangan sekali-kali mencoba untuk menyalakannya, apalagi langsung mencolokkannya pada arus listrik, sebab hal ini akan menyebabkan terjadinya konsleting dan kerusakan yang berkelanjutan (fatal).
  3. Jika air yang tumpah mengenai bagian baterai dan tempatnya, segera lepas dan keringkan dengan lap kering, serta perhatikan pada bagian kutub plus minus pada baterai yang biasanya berwarna kuning berkilau agar jangan sampai terjadi kerusakan.
  4. Jemur baterai pada tempat yang tidak terkena matahari langsung, jika tidak memungkinkkan maka lakukan penjemuran dengan menutupi baterai menggunakan kain kering, sebab baterai yang bertipe Li-Ion cukup sensitive terhadap panas, yang mana jika hal itu terjadi akan dapat merusak struktur kimiawi yang diakndung baterai dan bahkan dapat mengakibatkan ledakan.
  5. Jika laptop yang terkena air cukup parah, maka anda harus segera melepas dan menjemur keyboard dalam keadaan terbalik di tempat kering dan tidak terlalu panas. Apabila air yang tumpah bersifat cukup lengket, seperti kopi, the, soda dan yang lainnya, maka segera bersihkan dengan kuas pada sela-sela tombolnya dengan menggunakan air.
  6. Pada saat proses penjemuran keybord lakukan gerakan menekan-nekan pada satu tuts ke tuts lainnya, hal ini untuk menghindari adanya uap air yang tertinggal yang pada akhirnya menyebabkan keyboard menjadi lengket.
  7. Diamkan laptop kurang lebih selama 10 jam untuk proses pengeringan yang maksimal. Setelah itu, angkat juga motherboard atau mainboard serta lepas semua komponen pentingnya seperti prosessor, RAM, Wi-fi, Hardisk hingga Optical Drive untuk mulai dikeringkan agar tidak terjadi korosi pada motherboard.
  8. Jika air mengenai layar LCD panel pada laptop, maka coba angkat LCD Panel dari frame layar dan keringkan, sebab jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan air tersebut akan mengisi ruang panel dan menimbulkan flek putih pada LCD.
  9. Jika seluruh perngkat sudah benar-benar kering, pasang kembali laptop dengan benar dan mulai menghidupkan dengan adaptor. Jika terjadi hal yang tidak beres seperti bau hangus, segera lepas kembali colokan dan matikan dan segera bawa ke tukang service terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut.
Demikian keseluruhan dari proses cara memperbaiki laptop yang kemasukan air, yang tentunya perlu keberanian untuk membongkar perangkat dari body laptop hingga bias dirakit kembali pada kondisi semula, jika tidak, lebih baik serahkan pada ahlinya, agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.