Thursday, August 24, 2017

Kebiasaan Kecil dapat Merusak Smartphone

Kebiasaan Kecil dapat Merusak Smartphone
Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang memiliki perananan cukup penting dalam kehidupan. Untuk itu, bagi anda para pengguna smartphone diharuskan untuk menjaganya agar tetap awet dari hal-hal yang dapat merusak smartphone anda. Kerusakan-kerusakan tersebut ternyata justru timbul dari kebiasaan penggunanya sendiri. Berikut beberapa kebiasaan kecil yang dapat merusak smartphone anda.
1. Mencharge Smartphone pada Laptop
Selain dapat melakukan pentrasferan data dengan mudah, laptop juga dapat digunakan untuk pengisian daya baterai. Namun, pada kenyataannya mencharge smartphone pada laptop justru dapat membahayakan, bahkan jika terlalu sering akan merusak laptop juga.
2. Mencharge pada Charger Mobil
ACCU pada mobil yang dapat merambatkan arus listrik melalui USB car charger, ternyata dapat menimbulkan kerusakan pada komponen smartphone anda. Hal ini terjadi saat output yang dihasilkan dari port USB tersebut tidak stabil, semisal saat berkendara di jalan yang tidak mulus dan berliku.
3. Menggunakan Smartphone Saat Sedang di Charge
Saat smartphone dicharge, suhunya akan meningkat. Dan jika terus digunakan untuk browsing, mendengarkan music atau bahkan bermain game, ini akan menjadikan suhu smartphone menjadi semakin meningkat dan dapat menyebabkan terjadinya ledakan.
4. Menchager Baterai Semalaman Penuh
Ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan para pengguna smartphone. Mencharge baterai smartphone yang tidak dibekali dengan sertifikat over charging protection selama semalaman penuh, akan menjadikan smartphone over charging dan baterai menjadi cepat rusak
5. Jangan Membiarkan Baterai Terlalu Lama dalam Keadaan Kosong
Pada baterai smartphone anda terdapat berbagai sel yang dapat menampung arus listrik, sehingga ketika daya tampung arus listrik tersebut habis, maka baterai akan mati dan jika semua selnya kehabisan daya tampung, hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses penghidupan kembali smartphone dan bahkan kemampuan penyimpanan arus listrik menjadi rusak.
6. Memakai Powerbank Berkualitas Buruk
Kini semakin banyak para penjual Powebank smartphone termasuk powerbank yang memiliki kualitas buruk. Output arus listrik yang dikeluarkan biasanya tidak cocok dengan smartphone yang dipasangkan. Jika semakin lama digunakan, ini akan mengakibatkan baterai menjadi cepat habis.
7. Menggunakan Charger yang Bukan Bawaan
Seringnya lupa atau bahkan tidak ingin direpotkan dengan kabel charger, menjadikan kebiasaan untuk meminjam charger yang bukan charger bawaan dari smartphone anda. Jika hal ini terus-menerus dilakukan, maka akan membuat proses pengisian baterai pada smartphone menjadi lamban dan lama-kelamaan menjadi cepat rusak karena overheat.
8. Overheat
Smartphone yang beredar saat ini rata-rata dibekali untuk dapat bekerja pada suhu -10 hingga 35 derajat Celsius. Untuk itu, anda harus memperhatikan keberadaan smartphone agar tidak melebihi batas suhu tersebut, karena dapat dipastikan komponen yang ada di dalamnya akan cepat rusak.
9. Bluetooth dan Wi-fi yang terus ON
Bila penggunaan Bluetooth atau Wi-fi sudah tidak digunakan, sebaiknya segera non aktifkan, sebab penggunaan Bluetooth, Wi-fi serta fitur lain secara terus-menerus, akan membuat baterai cepat habis dan dapat merusak smartphone.
10. Menyimpan Smartphone pada Saku Celana yang Ketat
Saku celana yang ketat beresiko terjadi goresan pada layar dan dikhawatirkan terjadi kebengkokan pada smartphone. Jika hal ini terjadi akan mengakibatkan baterai tersebut meledak dan menimbulkan luka bakar.
11. Istirahatkan Smartphoe Anda
Untuk performa agar tetap terjaga, istirahatkan smartphone secara teratur dengan mengaktifkan fitur jadwal otomatis on/off untuk pengaturannya.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut jika terus-menerus dilakukan maka akan dapat merusak smartphone anda. Untuk itu, sebisa mungkin kurangi kebiasaan buruk tersebut agar smartphone anda semakin awet dimiliki. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya